Program Perkotaan dan Kependudukan – LPPSLH lahir sebagai wujud keprihatinan atas kondisi kemiskinan yang dialami sebagian besar masyarakat terutama kaum miskin dan marginal di perkotaan. Keprihatinan tersebut diaktualisasikan melalui aktifitas pendampingan komunitas miskin serta menfasilitasi pengembangan infrastruktur dasar komunitas miskin kota. LPPSLH memegang keyakinan bahwa keberdayaan masyarakat akan terwujud manakala masyarakat telah memiliki kesadaran kritis dan mampu menyuarakan kondisi serta memperjuangkan haknya. Terutama hak untuk mendapatkan layanan kesehatan, tempat tinggal yang layak dan mendapatkan kesempatan kerja.

Dalam kurun waktu tahun 2000-2007, LPPSLH telah bekerjasama dengan ADB, Bank Dunia melalui Departemen Pekerjaan Umum, serta Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. Kegiatan yang dilaksanakan dalam periode tersebut adalah :

– Jasa konsultan manajemen dan konstruksi untuk program pemberdayaan masyarakat

– Riset, kajian dan evaluasi partisipatif untuk program penanggulangan kemiskinan, sanitasi lingkungan

– Kampanye kesehatan

– Penguatan institusi dan Pengembangan infrastruktur dasar

– Pengembangan media informasi dan komunikasi

Sejak tahun 2006 LPPSLH juga terlibat aktif dalam kegiatan penanggulangan HIV&AIDS bekerjasama dengan Family Health International dan Dinas serta stakeholder wilayah terkait melalui program Aksi Stop AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *