LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Pemberdayaan Petani Gula Kelapa Dorong Pendapatan Petani

Pemberdayaan gula kelapa tingkatkan pendapatan petani

Pemberdayaan Petani Gula Kelapa Dorong Pendapatan Petani – Pada dasarnya pemberdayaan gula kelapa bertujuan untuk membangun kelembagaan koperasi petani gula kelapa yang kuat dan memiliki peran kendali dalam rantai nilai. Dalam pengorganisasian tahap pertama dibangun kelembagaan koperasi yang anggotanya berasal dari kelembagaan kelompok petani gula kelapa sekaligus anggota ICS dalam pemberdayaan gula kelapa. Kelembagaan koperasi berfungsi membuka akses pasar komoditas petanian dan sekaligus melakukan penguatan permodalan koperasi. Dengan penguatan permodalan maka akan mengurangi ketergantungan petani gula kelapa kepada pengepul sehinggaakan menaikan posisi tawar dalam penentuan harga produk.

Pemberdayaan Petani Gula Kelapa Dorong Pendapatan Petani

Salah satu petani gula kelapa yang masih membuat gula cetak

Strategi koperasi dalam Pemberdayaan Petani Gula Kelapa Dorong Pendapatan Petani memperoleh akses pasar yang baik dengan menjalankan sistem penjaminan produk. Hal ini untuk meningkatkan kualitas dan membangun kerjasama dengan buyer sehingga akan terbangun jaringan pasar. Selain itu melalui pengorganisasian petani dengan peningkatan kapasitas pemahaman yang akan mendorong relasi yang adil antar aktor rantai nilai. Dengan adanya pemahaman gender akan meningkatkan hubungan kerjasama antara laki-laki dan perempuan ditingkat rumah tangga dalam pengelolaan produk yang berkualitas. Di sisi lain dengan meningkatnya kerjasama antar aktor rantai nilai akan semakin terbuka pasar yang berkeadilan.

Pemberdayaan gula kelapa, pendapatan petani gula kelapa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain jumlah produk yang terjual, tingkat efisiensi biaya produksi, tingkat pengembangan usaha dan tingkat pengeluaran. Dengan meningkatnya pemberdayaan gula kelapa pendapatan petani gula kelapa memperkuat kelembagaan koperasi yang memiliki usaha simpan pinjam untuk memperkuat akses anggota terhadap permodalan. Sehingga akan mengurangi tingkat hutang terhadap pengepul. Ketergantungan terhadap pengepul yang menurun akan menaikan posisi tawar petani terhadap harga jual produk. Melalui peningkatan kapasitas petani dalam manajemen ekonomi rumah tangga akan meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan pendapatan. Pemberdayaan Petani Gula Kelapa Dorong Pendapatan Petani. Kemampuan pengelolaan ekonomi rumah tangga sangat penting agar dengan adanya peningkatan pendapatan, petani tidak berperilaku konsumtif. Pengelolaan Ekonomi Rumah tangga yang baik maka petani bisa mengatur keuangan untuk pemenuhan kebutuhan dan juga untuk pengembangan usaha.

Pemberdayaan gula kelapaPemberdayaan Petani Gula Kelapa Dorong Pendapatan Petani Meningkatnya kemampuan dalam pengelolaan usaha, petani bisa melakukan efisiensi biaya produksi melalui pengembangan tungku hemat bahan bakar sehingga akan mengurangi penggunaan kayu bakar yang sebagian besar dipenuhi dengan membeli akibat kelangkaan bahan bakar. Semakin efisiensi dalam produksi akan mendorong petani akan meningkatkan pengembangan usaha.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya