LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Membuat Proposal itu Gampang kok

Membuat Proposal itu Gampang kok

Bekerja sesuai dengan bidang yang dipelajari merupakan tantangan tersendiri untuk mengukur seberapa besar kemampuan yang selama ini dimiliki. Melakukan penyusunan proposal riset komersial LPDP bersama Litbang menjadi agenda dan misi khusus di bulan Juni. Memang sederhana membuat kerangka berpikir ilmiah yang kemudian disusun rapi menjadi sebuah proposal, terlebih untuk sebuah kompetisi.

proposalProposal riset komersial LPDP jika dipisahkan terdiri dari proposal usul rancangan penelitian, rincian pendanaan, analisis/studi kelayakan bisnis dan beberapa administrasi kerjasama lembaga dan mitra. Proposal riset komersial LPDP ini sangat sederhana dan mudah dibuat bukan? Kita bisa langsung cari pada search engine dan pelajari dokumen data yang sudah ada.
Mari tingkatkan kapasitas dengan mempelajari 87 halaman contoh proposal riset komersial LPDP yang sudah ada. Kebetulan proposal kita dapatkan dari mitra yang merupakan dosen Unsoed. Proposal LPDP yang dikirimkan disusun oleh 3 Doktor dan 2 dosen Undip. Ide dan inovasi yang ditawarkan oleh proposal LPDP tersebut memang mudah dan gampang disusun. Mari belajar.

Dengan bantuan penuh, dukungan dan kesabaran Litbang, akhirnya proposal dapat disusun dengan beberapa evaluasi dan masukan baik dari metode penelitian yang digunakan maupun judul proposal yang awalnya masih terlalu sempit. Penyempurnaan dan pelengkapan masih terus dilakukan untuk menyelesaikan proposal ini. Mari membuat proposal.

Penulis: Munirah Dinayati (Staf Program Kehutanan LPPSLH)

0 Komentar

Informasi Lainnya