LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Petani Bisa Kaya!

Produk nyamikan/snack yang diproduksi oleh KKI

Kaya! Ya, kata ini terasa ganjil dalam skema pergerakan. Tetapi sekarang ini kata ini sengaja saya gunakan untuk memberikan semangat. Pasca pertemuan dengan Kampung Kearifan Indonesia (KKI) banyak gagasan yang memungkinkan agar petani bisa kaya. Di KKI, saya menemukan bahwa apa saja tanaman yang bisa dimakan ternyata bisa jadi komoditas yang dijual dan bisa memberikan kekayaan kepada petani.
Produk KKI

Daun kelor, buah mangga, rebung atau apa saja bisa diproses menjadi makanan. Hal yang bagi lidah kita aneh, bisa jadi cocok bagi lidah orang luar. Dengan alat yang sederhana (meskipun tergolong mahal karena harus impor) maka makanan dapat dikeringkan dan di buat semacam nyamikan yang bisa diekspor.
Pasca pertemuan dengan KKI itulah, kami kemudian mengadakan pertemuan dengan anggota Koperasi Serayu Mukti. Dan hasilnya, petani kembali bersemangat. Hanya saja tentu peluang ini bukan tak punya tantangan. Hal utama yang menantang adalah memastikan bahwa semua bahan pangan itu Organik!
Akhirnya, kerja lanjutan untuk memberi penyadaran dan kerja sertifikasi adalah poin penting yang harus dilakukan…kerja—-kerja—kerja….. dan ayo kita buat petani KAYA!!!!

Penulis : Barid Hardiyanto (Manajer Program Kehutanan)

0 Komentar

Informasi Lainnya