,

Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap

Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap

Hasil kerajinan Perca Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap

Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap – Salah satu masalah pokok yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia adalah masalah pengangguran dan kemiskinan. Pertambahan jumlah angkatan kerja dari tahun ke tahun makin bertambah. Di lain pihak akibat dari krisis finansial global yang diikuti pemutusan hubungan kerja (PHK), pengangguran di Indonesia mengalami kenaikan. Sementara pembangunan ekonomi yang telah tercipta tidak sanggup menyediakan kesempatan kerja yang lebih cepat daripada pertambahan penduduk.

Pada tahun 2017, pembinaan dan pengembangan IKM yang akan dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai kemandirian, sehingga diharapkan akan membentuk masyarakat yang mandiri. Melalui kewirausahaan, para calon wira usaha baru dibimbing dan didorong untuk meningkatkan kemampuannya dalam berwirausaha, terutama melalui peningkatan etos kerja, kreativitas dan inovasi, produktivitas, kemampuan membuat keputusan dan mengambil risiko, serta kerjasama yang saling menguntungkan dan menerapkan etika bisnis.

Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap

Dengan teliti salah seorang peserta membuat hasil karya dari kain perca

Usaha Desain Produk Keset Motif Kain Perca sebenarnya berpotensi cukup besar. Produk kerajinan Kain Perca di Cilacap beragam, seperti keset. Tetapi, para perajin IKM masih kurang memperhatikan kualitas dan nilai seni dari Desain Produk Keset Motif Kain Perca itu sendiri. Padahal, nilai jual produk seni sangat tergantung dari nilai estetikanya. Untuk nilai estetika produk kerajinan dipengaruhi oleh faktor desain, sentuhan kreativitas, kerapian, keserasian warna, kelangkaan dan sebagainya.

Namun demikian, kendati menghadapi tantangan dan permasalahan potensi IKM Desain Produk Keset Motif Kain Perca masih dapat dikembangkan secara optimal mengingat Indonesia memiliki keunggulan, antara lain tersedianya limbah dari industri konveksi ataupun konveksi jahit rumah tangga yang sangat banyak. Kerajinan Desain Produk Keset Motif Kain Perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca. Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai seni tinggi.

Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia. Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional. Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan. Ini disebabkan oleh adanya sentuhan-sentuhan kontemporer yang diberikan pada kreasi-kreasi baru yang tercipta.

Bimbingan Teknis Pembuatan Produk Keset Motif Kain Perca Di Cilacap

Salah seorang tutor mengajari peserta bagaimana cara menggunting kain perca yang baik

Kebijakan pemerintah untuk mendorong IKM kreatif Jadi termasuk industri Desain Produk Keset Motif Kain Perca antara lain (1) mendorong IKM Desain Produk Keset Motif Kain Perca  diarahkan menjadi produk kreatif dengan menggunakan bahan baku limbah konveksi yang tersedia dalam negeri, (2) mendorong IKM Desain Produk Keset Motif Kain Perca untuk memproduksi keset menjadikan Indonesia sebagai kiblat industri kreatif dunia, (3) memfasilitasi Unit Pelayanan Teknis (UPT) dengan mesin dan peralatan modern agar mampu memberikan layanan teknis kepada  IKM desain produk keset motif kain perca, (4) memperkuat kelembagaan IKM Desain Produk Keset Motif Kain Perca di sentra-sentra, berupa koperasi atau Kelompok Usaha Bersama (KUB) dengan memberikan fasilitasi bantuan mesin dan peralatan yang dapat digunakan anggotanya, (5) program pelatihan dan pendamping teknologi produksi dan desain kepada IKM kreatif dan kebijakan lainnya.

Potensi dan  persebaran industri (TPT) tersebar luas di seluruh Indonesia, meliputi industri tenun, industri pakaian jadi, industri produk tekstil lainnya serta industri aksesoris dari tekstil seperti Desain Produk Keset Motif Kain Perca. Salah satu daerah potensial dalam industri Desain Produk Keset Motif Kain Perca berlokasi di Kabupaten Cilacap dengan berbagai jenis produk kreatif.

Report By Muhajir

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *