Perempuan selalu punya cerita. Tak ada dinding yang akan membatasi mereka berkreasi, meski sedang menjadi warga binaan. Mereka tetap berdaya untuk berkreasi dan membuat diri lebih baik lagi. Dan kita tentu mendukung hal tersebut. Jangan pernah mendiskriminasi orang hanya karena status sosial, pekerjaan, dan keadaan apapun.

Bimbingan Teknis Pengembangan Produk Kain Perca di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bandung diselenggarakan pada tanggal 31 Juli hingga 6 Agustus 2018. Kegiatan bimbingan teknis produksi bagi IKM Desain produk dengan motif kain perca di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bandung memiliki beberapa materi yang dibutuhkan oleh peserta dan dipercaya mampu meningkatkan kemampuan teknis mereka untuk terjun dalam dunia IKM Desain produk dengan motif kain perca.

Pembangunan industri di Indonesia saat ini bukan hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas produk, tetapi juga ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan diferensitas produk industri khususnya IKM. Untuk meningkatkan produktivitas tersebut dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta penumbuhan wira usaha baru IKM. Karena Kewirausahaan merupakan penggerak yang sangat penting bagi kemajuan perekonomian dan kesejahteraan suatu bangsa.

Dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha baru IKM, pembinaan dari instansi terkait berupa pemberian bimbingan atau pelatihan sangat diperlukan, sehingga produktivitas IKM dapat meningkat dan dapat bersaing di pasar. Ia menjelaskan bahwa wirausaha harus menjadi lokomotif penggerak perekonomian daerah serta berperan dalam menanggulangi pengangguran dan menghambat urbanisasi.

Maka dari itu, pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Perindustrian menargetkan lahirnya 5.000 wirausaha baru pada tahun 2017, dimana hal tersebut akan melengkapi 166.000 wirausaha yang sudah tersebar di Indonesia. Kemenperin sendiri menargetkan sampai akhir tahun 2020 akan ada 190.000 wirausaha baru. Angka tersebut sebenarnya masih berada dibawah indeks sebuah negara yang dunia industrinya maju, karena untuk menjadi negara maju, angka wirausaha yang ada adalah minimal berada di angka 2% dari total jumlah penduduk negara tersebut. Melalui bimbingan teknis ini, adalah salah satu ikhtiar yang dilakukan Kementerian Perindustrian untuk mencapai target angka tersebut, selain tentu dengan program – program pendukung lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *