Perkembangan Jumlah kasus di Indonesia per tanggal 31 Maret 2020, jumlah positif Covid-19 mencapai 1.528 dengan pasien meninggal sebanyak 136 dan pasien sembuh sebanyak 81. Kondisi ini masih dalam tahap yang cukup memprihatinkan melihat banyaknya pemudik yang berdatangan dari DKI Jakarta.

Wilayah Karesidenan BARLINGMASCAKEB (Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Kebumen), mendapati banyaknya kedatangan para perantau yang tersebar di terminal maupun di Stasiun. Walaupun himbauan larangan mudik sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, namun masih banyak dari mereka yang mengabaikan himbauan tersebut dengan dalih tidak dapat bekerja sebab kondisi Wabah Covid-19 di DKI Jakarta dan daerah sekitarnya.

Mobilitas para perantau telah meningkatkan penyebaran covid 19 beberapa daerah di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan peningkatan ODP (Orang Dalam Pengawasan) di Wilayah Karesidenan BARLINGMASCAKEB. Di Kabupaten Purbalingga sudah mengonfirmasi 4 Perantau asal Purbalingga yang mudik dari Jakarta positif Covid-19.

Himbauan dan aturan yang disampaikan oleh Pemerintah Pusat maupun daerah harus dilaksanakan secara aktif di masyarakat. Begitu pula dengan protokol kesehatan dan kebersihan diri yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia harus dilakukan oleh masyarakat dengan seksama.

Menjaga kebersihan diri dan menjalankan etika batuk-pilek masih menjadi cara efektrif untuk mencegah masuknya virus masuk kedalam tubuh. sedangkan cara pencegahan penularan Virus dari manusia ke manusia dengan menjalankan Social Distance/Physical Distance harus dilaksanakan dengan tertib. Menjauhi keramaian, tetap dirumah selama himbauan dari pemerintah juga menjadi kunci sukses penurunnya penyebaran Covid-19.

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.