Kerjasama Perdagangan Indonesia dan Rusia, Langkah Menuju Kesuksesan

Published by LPPSLH on

Kerjasama Perdagangan Indonesia dan Rusia, Langkah Menuju Kesuksesan – Dalam tatanan dunia internasional ada suatu pola ketergantungan yang saling menguntungkan antar negara-negara di dunia. Seiring dengan adanya peningkatan kepentingan setiap negara, terutama dalam bidang ekonomi. Dalam hal ini Hubungan Bilateral menjadi jalan menuju kesuksesan negara dalam mencapai kepentingan nasionalnya masing-masing. Hubungan bilateral antara Indonesia dengan Rusia telah terjalin cukup lama. Telah banyak Kerjasama-kerjasama yang dilakukan oleh kedua negara dalam pencapaian kerjasama tersebut. Saat ini Indonesia dengan Rusia tengah meningkatkan terus kerjasama ekonomi dalam sektor perdagangan yang memberikan hasil positif selama lima tahun terakhir ini.

Mengingat kekayaan alam yang melimpah ruah, Indonesia memiliki modal dalam melakukan kerjasama tersebut, dengan komoditas unggulan yang menjadi khas produk Indonesia. Tiga komoditas unggulan yang merupakan nilai ekspor tertinggi Indonesia yaitu Minyak Sawit serta turunannya, Kopi, dan Teh. Hal yang menarik perhatian saat ini adalah: Bagaimana terbentuknya kerjasama antara Indonesia dan Rusia ini menjadi satu langkah besar meraih kesuksesan.

Kerjasama Perdagangan Indonesia dan Rusia, Langkah Menuju Kesuksesan

Upaya kerjasa LPPSLH yang diwakili langsung oleh Bangkit Ari Sasongko selaku Direktur bertemu dengan departemen perdagangan Rusia

Indonesia menawarkan tiga komoditas unggulan perkebunan ke Rusia dalam memperluas pasar produk Indonesia. Dan bagaimana strategi Indonesia dalam mengatasi kendala dalam kerjasamanya dengan Rusia? Oleh karena itu, mengetahui dan mengeksplorasi bagaimana ekspor tiga komoditas yang dilakukan Indonesia ke Rusia, sejauh mana ekspor tersebut ini dapat berpengaruh pada perdagangan Indonesia dengan Rusia dalam perluasan pasar produk Indonesia. Serta sejauh mana kebutuhan Rusia akan produk unggulan Indonesia, dimana Rusia membutuhkan komoditas yang dimiliki oleh Indonesia, dan bagaimana tiga komoditas Indonesia dapat bersaing dengan negara penghasil komoditas lainnya di pasar Rusia. Kerjasama Perdagangan Indonesia dan Rusia, Langkah Menuju Kesuksesan

Baru-baru ini pun Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow bekerja sama dengan House of Indonesia dan Konsul Kehormatan RI untuk Rusia menggelar Forum Bisnis dan Investasi di Vladivostok, Rusia. Kerjasama ini termasuk ekonomi, perdagangan, investasi dan industri strategis serta people to people interaction. Sejalan dengan itu, forum bisnis ini diharapkan menjadi langkah penting untuk mempromosikan keunggulan ekonomi lndonesia, memperkenalkan berbagai paket kebijakan pemerintah lndonesia di bidang investasi dan perdagangan luar negeri dan semakin mendekatkan pelaku bisnis dari Indonesia dengan mitranya di Rusia. 

Kerjasama Perdagangan Indonesia dan Rusia, Langkah Menuju Kesuksesan. Sedangkan dalam kesempatan kerjasama dalam bidang perdagangan lain, LPPSLH yang diwakili langsung oleh Bangkit Ari Sasongko selaku Direktur pun berkunjung ke Rusia dalam upaya menjalin kerjasama dengan departemen perdagangan Rusia.

Hingga saat ini, ada banyak deskripsi yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana sih sebenarnya perkembangan ekspor tiga komoditas unggulan Indonesia ke Rusia, serta bagaimana tiga komoditas unggulan Indonesia dapat terus bersaing dalam hal kualitas dengan negara penghasil lainnya. Adanya ekspor tiga komoditas unggulan ini sebagai salah satu faktor penting dalam perdagangan Indonesia dengan Rusia, ekspor tiga komoditas unggulan Indonesia ke Rusia yang terus berfluktuatif mempengaruhi nilai target ekspor secara keseluruhan. Adanya kendala dalam perluasan pasar ini disebabkan karena belum memenuhi syarat untuk ekspor ke Rusia, dan ini berdampak pada volume perdagangan, karena syarat yang belum terpenuhi akan membuat rasa kurangnya kepercayaan dan minat Rusia akan produk Indonesia dan membuat defisit pendapatan negara serta Rusia lebih memilih impor dari negara lain.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.