Laporan Akhir Pendampingan Teknis Sentra Gula Kelapa di Kabupaten Cilacap – Sesuai dengan Arah Kebijakan Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2015-2018 permasalahan utama  IKM adalah : (1) Transformasi ekonomi membuka kesempatan yang lebih besar bagi tumbuhnya wirausaha baru. (2) Pengembangan UMKM dan koperasi, serta kewirausahaan, perlu terus didorong untuk mengatasi ketimpangan antara pertumbuhan angkatan kerja dan pertumbuhan kesempatan kerja. (3) Sasaran pengembangan UMKM dan koperasi, serta kewirausahaan, juga ditujukan untuk kelompok masyarakat miskin dalam rangka mengurangi kesenjangan antar kelompok pendapatan dan antar wilayah. (4) Indonesia memiliki jumlah UMKM dan koperasi yang tergabung dalam jaringan produksi global dan kegiatan ekspor yang paling rendah.

Kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Teknis Produksi Gula Kelapa merupakan sebuah langkah kongkret dukungan terhadap Industri Kecil dan Menengah (IKM) bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka meningkatkan daya saing industri. Pelaksanaan pedampingan langsung dilakukan melalui pendampingan IKM dan wirausaha gula kelapa skala kecil melalu kegiatan pembinaan dan pelatihan pada IKM untuk meningkatkan mutu, mengembangkan produk baru (diversifikasi), penerapan GMP, penerapan sistim manajemen/administrasi sederhana, membina dalam kewirausahaan  dan mengembangkan pasar, sehingga produk IKM semakin mempunyai daya saing, yang pada akhir dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan penghasilan masyarakat.


1 Comment

YULI · October 21, 2018 at 1:45 pm

Kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Teknis Produksi Gula Kelapa merupakan sebuah langkah kongkret dukungan terhadap Industri Kecil dan Menengah (IKM) bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka meningkatkan daya saing industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *