,

Lika Liku Pendampingan Pencegahan dan Penanggulangan HIV – Part I

Pentingnya Penanggulangan HIV/Aids dan Pencegahannya Bagi Masyarakat

Lika Liku Pendampingan Pencegahan dan Penanggulangan HIV- Part I – Bukan hal mudah dalam melakukan pendampingan untuk pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids terhadap komunitas rentan. Karena mereka cenderung menutup diri, dan enggan untuk “dijangkau”. Maka tak heran jika para Petugas Lapangan yang bertugas menjangkau semua lapisan komunitas rentan terhadap penularan HIV/Aids ini mengalami beragam tantangan.

LIKA LIKU PENDAMPINGAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV – PART I

Proses pemeriksaan kesehatan harus rutin dilakukan untuk mencegah penularan HIV/Aids

Sepertihalnya pengalaman yang sempat dibagi oleh Talitha, dalam sebuah sharing dan diskusi rutin yang dilakukan di ruang Aula SSR LPPSLH.  Suatu ketika, Talitha mengajak salah seorang dampinganya, yang tak lain adalah seorang transgender di Cilacap untuk pergi ke layanan kesehatan dan melakukan tes VCT. Namun, sebelum Talitha yang berperan sebagai Petugas Lapangan ini mengajak dampingannya ke layanan kesehatan, ia pun memberikan info tentang HIV/Aids, penyebabnya, dan bagaimana cara pencegahannya. Menariknya, dampingan Talitha yang tak lain adalah pelaku seks aktif ini baru mengetahui lebih dalam mengenai HIV/Aids. Jadi, respon awal yang diterima adalah rasa takut. Mulai dari takut akan jarum suntik, hingga takut jika ada kemungkinan dirinya sudah tertular. Lika Liku Pendampingan Pencegahan dan Penanggulangan HIV. Sempat berniat mengurungkan diri, namun Talitha kembali membujuk dan meyakinkan bahwa mengathui status HIV/Aids adalah salah satu hal penting bagi mereka yang memang rentan terhadap penularan HIV/Aids. Selain itu, Talitha juga menjelaskan mengenai kerahasiaan dan kode etik yang ada dalam melakukan serta merujuk VCT. Jadi hal itu lah yang menjadi satu jaminan bahwa dampingan yang tes VCT lebih yakin dan percaya.

Lain Talitha, lain lagi pengalaman yang pernah dirasakan oleh Salamah, seorang pendamping komunitas Transgender lain di Cilacap. Tak hanya membujuk dampingan untuk melakukan VCT yang penuh perjuangan, bahkan mengajarkan bagaimana cara mencegah penularan pun suatu yang tak kalah mudah. Dampingan yang rentan terhadap penularan HIV/Aids kurang sadar untuk menjaga kesehatan mereka. Jadi, ada banyak pendekatan yang harus dilakukan, mulai dari sosialisasi penggunaan alat pencegahan penularan, hingga bagaimana sebaiknya seks sehat yang harus dilakukan agar tak tertular virus yang hingga saat ini belum ada obatnya itu.

Next… Lanjut ke Part II ya,,, penasaran kan ada cerita apalagi yang akan dibagi seputar pendampingan dan pencegahan HIV/Aids yang dilakukan oleh Tim SSR LPPSLH…

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *