LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Lompatan Besar LPPSLH Dalam Dunia Pendampingan Gula Kelapa

gula semut lppslh

gula semut lppslhLompatan Besar LPPSLH Dalam Dunia Pendampingan Gula Kelapa – Hampir satu dasa warsa LSM LPPSLH berkutat dengan dunia pertanian berkelanjutan, khususnya dalam produk gula kelapa. Dalam konteks project LSM LPPSLH mungkin bisa menepuk dada atas keberhasilannya. Namun zaman terus berubah, tuntutan perubahan sosial juga semakin berkembang mengikuti zaman. Petani juga punya kebutuhan yang harus bisa dijawab oleh LSM LPPSLH serta LSM lain yang juga melakukan kegiatan pendampingan.

Pertanyaan yang muncul adalah, setelah hasil pertanian meningkat, bagaimana sisi pemasarannya? Bagaimana hasil panen para petani dijual dengan harga yang layak agar tingkat kesejahteraan petani meningkat? Selama ini kegiatan pertanian berkelanjutan yang kemudian di fokuskan untuk melahirkan produk makanan sehat dan organik hanya dilakukan secara mikro di demplot demplot pertanian saja. Lompatan Besar LPPSLH Dalam Dunia Pendampingan Gula Kelapa. Akibatnya, hasil produk pertanian yang sudah berkualitas tinggi tersebut secara kuantitas tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Tantangan lainnya adalah konsistensi kualitas produk yang dihasilkan. Sering kali petani belum bisa secara konsisten menghasilkan produk dengan kualitas terstandar baik. Ketika di tahap awal mampu menghasilkan produk dengan kualitas baik, namun selanjutnya terjadi penurunan kualitas. Naik turunnya kualitas pertanian yang dihasilkan sering kali membuat pasar kecewa.

Sampai pada titik ini, banyak LSM yang kemudian gagap menjawab tantangan perubahan zaman ini. Banyak dari mereka yang masih berusaha bertahan dengan pendekatan yang selama ini mereka lakukan. Akibatnya beberapa diantara mereka tidak mampu bertahan, akhirnya terpaksa harus menghentikan kegiatan pendampingan petani yang selama ini dilakukan.

Lompatan Besar LPPSLH Dalam Dunia Pendampingan Gula Kelapa. LSM LPPSLH kemudian memilih untuk melakukan lompatan besar dan merubah strategi pendampingan petani gula dengan merubah paradigma pendampingan petani yang selama ini sudah dilakukan. Lompatan besar ini adalah suatu hal yang harus dilakukan seiring dengan perkembangan zaman. Petani bukan lagi hanya butuh lahan uji coba, namun memerlukan lahan luas yang bisa menghasilkan produk berkualitas dalam jumlah banyak. Petani juga membutuhkan adanya kepastian pasar dan harga atas produk gula kelapa yang mereka hasilkan dengan susah payah agar mereka mampu bukan hanya untuk menyambung hidup namun juga untuk menyekolahkan anak anaknya dan melakukan investasi masa depan. Ini adalah perubahan yang sangat mendasar yang bukan hanya perlu dilakukan oleh LSM sebagai lembaga pendamping petani, namun juga terutama oleh para petani itu sendiri.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya