LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Mengawal Pemerintah

LSM Mengawal Pemerintah

Frasa mengawal pemerintah, bagi kalangan LSM sesungguhnya merupakan hal yang “aneh” tapi saat ini terbukti terjadi. Pada level nasional, kita lihat dengan seksama bahwa para pendorong dan relawan Jokowi adalah orang yang selama ini terjun di dunia LSM atau gerakan sosial. Sedangkan pada level daerah, kita juga dapat lihat bahwa Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Husein Ber Budhi (Bupati dan Wakil Bupati Banyumas) juga mendapat sokongan dari aktivis pergerakan.

Barid (pojok kanan atas) sebagai salah satu bagian dari elemen masyarakat sipil, ikut mengawal kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Banyumas

Barid (pojok kanan atas) sebagai salah satu bagian dari elemen masyarakat sipil, ikut mengawal kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Banyumas

Lantas, apakah telah terjadi “penurunan” kadar pergerakan/ Bila diruntut, keterlibatan gerakan dalam memastikan terpilihnya Jokowi-JK adalah bagian dari upaya melihat potensi kemungkinan perubahan dan sekaligus menghadang masuknya kekuatan yang kemungkinan pula despotik akibat dari rekam jejak yang dibuat. Hal yang sama juga terjadi pada saat para aktivis di Banyumas mendukung Husein Ber Budhi.
Pasca terpilihnya Jokowi dan sebelumnya Ganjar serta Husein Ber Budhi, maka para aktivis pun mengambil pilihannya. Ada yang berpandangan bahwa setelah jadi maka kita harus kembali ke “barak oposisi” tetapi ada juga yang beranggapan bahwa pemerintahan yang telah jadi tersebut harus dikawal dengan masuk di dalamnya.
Kedua cara di atas adalah pilihan yang sama-sama memiliki argumentasi yang kuat. Sekarang tinggal memastikan agar semua yang dilakukan adalah dalam kerangka melakukan perubahan untuk membuat Indonesia, Jawa Tengah dan Banyumas lebih baik dan memastikan terpenuhinya hak-hak warga negara.

Penulis : Barid Hardiyanto (Manajer Program Kehutanan LPPSLH)

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya