LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia

logo-world-environment-day

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sejarah Hari Lingkungan Hidup
Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Mungkin diantara kita banyak yang belum mengetahui bahwa tanggal 5 Juni adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Pada tahun 1972, masalah lingkungan hidup menjadi perhatian serius negara-negara di dunia, pasalnya kondisi lingkungan saat itu kian hari kian mengkhawatirkan dimana hampir di seluruh dunia memiliki masalah lingkungan hidup yang serius. Kekhawatiran negara-negara di dunia ini mencapai puncaknya pada tanggal 5 Juni 1972, dimana PBB mengadakan Konferensi tentang Lingkungan Manusia yang berlangsung di Stockholm, Swedia dan sekaligus menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Logo World Environment Day

Logo World Environment Day

Dalam Konferensi PBB tersebut disepakati beberapa hal yaitu :
1. Deklarasi Stockholm, dimana dalam deklarasi tersebut berisi prinsip-prinsip yang harus digunakan dalam mengelola lingkungan hidup di masa depan melalui penerapan hukum lingkungan internasional
2. Rencana Aksi, yang mencakup perencanaan dalam hal pemukiman, pengelolaan sumberdaya alam, pengendalian pencemaran lingkungan, pendidikan serta informasi mengenai lingkungan hidup.
3. Segi Kelembagaan, dibentuknya United Nations Environment Program (UNEP) atau Badan Lingkungan Hidup Dunia yaitu badan PBB yang menangani program lingkungan dan berpusat di Nairobi, Kenya, Afrika.

Sejak Konferensi PBB tahun 1972 sampai tahun 1982 lingkungan hidup menjadi sektor tersendiri dimana tidak dilibatkan pembangunan ekonomi didalamnya, sehingga antara pembangunan ekonomi dan lingkungan hidup tidak berjalan secara sinergi, hingga saat Konferensi UNEP pada tahun 1982 dibuat kesepakatan dibentuknya World Commission on Environment and Development (WCED) yaitu Komisi Dunia untuk Lingkungan dan Pembangunan yang dipimpin oleh Gro Harlem Brundtland, saat itu ia menjabat sebagai Perdana Menteri Norwegia.

Gro Harlem Brundtland dan komisi yang dipimpinnya melakukan kajian tentang hubungan antara lingkungan dan pembangunan sejak tahun 1984 hingga 1987. Komisi ini kemudian memberikan usulan perubahan pola pembangunan, dari pembangunan konvensional yang dilakukan melalui jalur ekonomi saja menjadi pembangunan berkelanjutan yang dilakukan melalui jalur ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dan hal ini dilakukan serentak oleh negara-negara anggota PBB di seluruh dunia, dan seterusnya secara signifikan dari tahun ke tahun pembangunan berwawasan lingkungan hidup terus digalakkan hingga saat ini.

Hari Lingkungan Hidup 2014
Pada tahun ini, UNEP melakukan voting pemilihan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dari lima tema yang diangkat, pada penutupan voting (5 Maret 2014) tema “Raise your voice, not the sea level” terpilih menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014. Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) terkait penetapan tahun 2014 sebagai International Year of Small Island Developing States (SIDS; Tahun Internasional untuk Pulau Kecil Negara Berkembang) yang terkait dengan dampak perubahan iklim. Isu perubahan iklim memang saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Perubahan iklim global merupakan malapetaka yang akan datang. Kita telah mengetahui sebabnya yaitu manusia yang terus menerus menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas bumi.

Kita sudah mengetahui sebagian dari akibat pemanasan global ini – yaitu mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar. Kita juga telah mengetahui siapa yang akan terkena dampak paling besar – Negara pesisir pantai, Negara kepulauan, dan daerah Negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara.

Logo Hari Lingkungan Hidup 2014

Logo Hari Lingkungan Hidup 2014

Sementara itu di Indonesia, pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup akan merilis tema dan logo Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Indonesia. Penetapan logo dan tema ini tentunya disesuaikan dengan logo dan tema global World Environment Day. Tahun 2014 ini Peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia mengusung tema “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”. Tema ini mengandung maksud akan pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan. Tema Hari Lingkungan Hidup 2014 ini selaras dengan tema World Environment Day 2014 yang telah ditetapkan oleh UNEP yaitu “Raise Your Voice, Not the Sea Level”.

Penulis: Tri Hadiyanto S. (Staf Bidang Litbang)

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya