LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Pelatihan Internal Control System (ICS) di Wilayah Pantai Selatan Berau, Kalimantan Timur

Biatan Ulu, Biatan, Berau

Internal Control Sytem Training in Berau, East Borneo, Indonesia

Bulan Februari hingga Maret 2021 lalu, LPPSLH (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup) berkolaborasi dengan YKAN (Yayasan Konsevasi Alam Nusantara) menyelenggarakan Pelatihan Internal Control System (ICS) di 5 kampung yang sebagian besar terletak di wilayah pantai selatan kabupaten Berau. Kampung Dumaring, Kecamatan Talisayan untuk komoditas Gula Aren dan Lada. Kampung Biatan Ulu dan Biatan Ilir, Kecamatan Biatan untuk Komoditas Lada, dan Kampung teluk sumbang dan Teluk Sulaiman untuk komoditas Pala 

Pelatihan ICS merupakan salah satu upaya dalam melakukan perbaikan mutu komoditas untuk menyesuaikan standart pasar nasional bahkan internasional. Penyeragaman mutu produk petani akan membentuk standart mutu produk yang mampu meningkatkan harga jual. Mutu produk dijamin dengan adanya fungsi Kelompok ICS yang melakukan inspeksi Internal kepada setiap petani untuk memastikan processing mulai dari pembibitan hingga pengolahan pasca panen.

Materi seperti terkait pertanian organik, Good Handling Practices (Penanganan Pasca Panen), Internal Control System (ICS), dan Sertifikasi Organik disampaikan oleh Instruktur Krisdianto dan Muhajir Fajar Akhmad dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode Brain Storming, FGD, Diskusi Umpan Balik, dan kunjung lapang.

Best Practices selama pelaksanaan Pelatihan ICS adalah strategi penggalian data untuk mengetahui kapasitas dan kemampuan peserta, dan adanya peningkatan pengetahuan dan antusiasme peserta untuk bekerja bersama meningkatkan kualitas mutu produk. Sehingga selama pelatihan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan petani tergerak untuk mengubah cara pengolahan lahan dan tanaman maupun cara pasca panen yang sesuai dengan standart kualitas pruduk yang baik.

Don’t Forget to Like, Share, comment, dan Subscribe Youtube Channel LPPSLH : YAYASAN LPPSLH

IG : @lppslh          Twitter : @lppslh          Facebook : LPPSLH

Teluk Sumbang, Biduk Biduk, Berau
Biatan Ilir, Biatan, Berau
Dumaring, Talisayan, Berau
Biatan Ulu, Biatan, Berau
Praktik ICS menggunakan Metode wawancara
Pala Teluk Sumbang

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya