Pentingnya Melakukan Investigasi Sebelum Memutuskan Sebuah Solusi. Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan Penghayat se Kabupaten Brebes. Dalam kegiatan ini pemateri tidak hanya menyampaikan materinya saja, tetapi juga memberikan contoh kasus untuk dijadikan studi kasus, dan para peserta pun turut aktif dalam sesi tanya jawab.

Dalam advokasi ini, dibahas dan dijelaskan mengenai teknik dan fungsi investigasi dan dokumentasi dalam kerja-kerja advokasi. Pada sesi ini pemateri Ahmad Munawir memberikan materi yang berkaitan dengan advokasi penanganan kasus-kasus Advokasi, bagaimana melakukan investigasi terhadap kasus-kasus Advokasi dan apa saja yang diperlukan dalam pendokumentasian kasus-kasus Advokaasi.

Kegiatan ini di adakan dengan melihat semakin beragam dan  banyaknya kasus-kasus yang terjadi di masyarakat. Seperti salah satu kejadian yang sempat viral, terjadinya pembakaran secara hidup – hidup dengan tuduhan maling amplifier Musholla di daerah Babelan, Kabupaten Bekasi. Tentu saja sangat penting memberikan pemahaman hukum dan memberikan pendampingan hukum kepada masyarakat apabila terjadi hal serupa.

Ahmad Munawir juga memberikan materi tentang Konstitusi dan Hak-hak Anak di Indonesia. Pada kesempatan ini pemateri memberikan pengetahuan tentang hak-hak dasar manusia di Indonesia yang terdapat di Undang-Undang Dasar 1945, dan untuk hak-hak dasar anak dalam konstitusi Indonesia terletak di pasal 28B ayat (2) dan pasal 34 ayat (1), pemateri juga memberitahukan 4 prinsip hak anak yaitu: Non diskriminasi, Kepentingan terbaik anak, Hak untuk tumbuh dan berkembang dan Partisipasi anak.

Sangat diharapkan bahwa pelatihan ini bisa terus dilaksanakan agar Penghayat memahami setiap kasus-kasus pidana pada anak yang terjadi khususnya kasus-kasus diskriminasi dan berharap agar para Penghayat mempunyai jiwa sosial yang tinggi dengan mendedikasikan ilmunya untuk menolong orang-orang atau anak-anak yang menjadi korban diskriminasi.

Categories: ArtikelNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *