,

Ruang Ramah Anak Itu Hak Anak Yang Wajib Dipenuhi

Ruang Ramah Anak Itu Hak Anak Yang Wajib Dipenuhi – Memiliki anak seringkali memang menjadi suatu hal yang penuh tantangan. Merawat ruang keluarga yang indah dan juga nyaman, di mana anak-anak biasanya menghabiskan waktu mereka untuk bermain dan bertumbuh, hal ini bisa menjadi lebih penuh tantangan. Terlebih untuk orang tua yang banyak menghabiskan waktu dengan pekerjaan mereka. Tantangan terbesar orang tua, terutama ibu yang berkarir adalah memenuhi hak anak agar tak terabaikan. Karena tak bisa dipungkiri bahwa saat ini, ada banyak ibu yang banyak menghabiskan waktu mereka dengan pekerjaan, dan sedikit waktu luang untuk memperhatikan tumbuh kembang anak mereka dan memenuhi hak anak secara psikologis.

Alasan mencari atau mendapatkan uang untuk anak pun menjadi suatu hal klise yang kini sering kita dengar. Padahal seharusnya sejak awal kita sudah tahu bahwa memiliki anak akan menuntut konsekuensinya tersendiri. Karena selain materi, anak juga membutuhkan kasih sayang yang nyata, sentuhan lembut ibu selama masa pertumbuhan si kecil akan membuat mereka lebih merasa disayang. Beruntung jika kantor dimana ibu berkarir dapat “bersahabat” dengan si kecil, tapi bagaimana jika tidak? Tentu ini akan menjadi dilema tersendiri yang memilukan bagi seorang ibu. Menitipkan anak pada orang tua, demi bisa terus berkarir, menyewa pengasuh untuk menjaga si kecil, atau bahkan memasukkan si kecil ke tempat penitipan anak.

Ruang Ramah Anak Itu Hak Anak Yang Wajib Dipenuhi

Salah satu tim Program Peduli LPPSLH ikut serta membantu menciptakan ruang ramah anak dalam suatu program pelatihan Komunitas (https://www.instagram.com/lppslh)

Ruang Ramah Anak Itu Hak Anak Yang Wajib Dipenuhi – Jadi, kita tahu bahwa anak-anak adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan oleh kita semua. Terlebih saat anak-anak dibawa ikut serta dalam sebuah acara pekerjaan, dimana orang tua fokus pada acara, dan keberadaan anak-anak menjadi nomor dua. Program Peduli sangat peduli pada anak-anak. Maka ruang ramah anak adalah satu hal penting yang harus ada dalam setiap kegiatan, terlebih jika memang ada anak-anak yang dibawa serta oleh orang tua mereka. Ruang ramah anak dibuat secara alami dan sederhana, membuat anak-anak mendapatkan haknya untuk bermain, menikmati jajan, dan tertawa bersama.

Oleh karena itu, Program Peduli mengusung konsep sebuah kegiatan yang dapat memberikan ruang ramah anak pada setiap ibu yang menjadi peserta kegiatan dan membawa anak mereka. Terutama untuk anak usia balita. Dimana mereka bisa jadi terpaksa diajak ibunya berkegiatan, karena si anak masih memerlukan ASI eksklusif, atau memang tak memungkinkan jika ditinggal di rumah, baik itu bersama ayah atau mungkin pengasuh. Karena kita tahu bahwa anak seringkali “tergantung” dengan ibu mereka.

Ruang ramah anak itu adalah hak anak yang wajib dipenuhi. Jadi, dalam Program Peduli, setiap ibu bisa mengajak serta anak mereka berkegiatan, dengan membawa seorang pengasuh agar kegiatan ibu juga tidak “terganggu”. Hal ini dilakukan agar hak anak tetap terpenuhi. Sedangkan untuk anak usia bermain, akan selalu ada kegiatan ramah anak yang dilakukan oleh tim selama, ibu mereka mengikuti proses pelatihan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *