Sejahtera Bersama Koperasi Nira Satria Cilongok

Published by LPPSLH on

pengurus dan pengelola koperasi nira satriaBerbicara mengenai koperasi Gula Kelapa, sebagian masyarakat di Kabupaten  Banyumas menyamakannya dengan lembaga simpan pinjam, jika mereka mendengar koperasi maka di benaknya adalah pinjaman. Bahkan di beberapa desa, masyarakat sudah trauma, karena kurangnya kejelasan tentang pengelolaan koperasi.

Koperasi Nira Satria hadir di tengah-tengah petani gula kelapa dengan kondisi masyarakat yang trauma terhadap koperasi. Awalnya petani gula kelapa sulit untuk diajak berkoperasi, namun dengan kegigihan para pengurus, banyak petani yang ikut menjadi anggota. Anggota Koperasi Nira Satria sudah mencapai 230  yang tersebar di  4 kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan yang dilakukan yaitu pemasaran gula Semut, simpan pinjam dan asuransi komunitas. Gula Semut diproduksi oleh petani di wilayah 4 kecamatan dengan pendampingan penjminan mutu oleh petugas koperasi. Menurut Zaenal Abidin(30), koordinator Internal Control System (ICS), kualitas gula yang baik bisa menembus pasar ekspor. Penjaminan mutu produk gula kelapa tersebut menggunakan model ICS, dan sertifikasi organik dari Control Union Certification.

Asuransi Komunitas (ASKOM) adalah asuransi yang dikelola oleh koperasi, yang menjamin kerja-kerja para petani gula kelapa. Petani yang ikut dalam ASKOM tidak perlu memberikan premi tiap bulan, tapi akan dipotongkan dari Harga Pokok Penjualan (HPP) gula Kristal. Simpan pinjam pada saat ini sudah berjalan di 4 sub Kas koperasi , yaitu Manggar Manis di Desa Kedungurang, Nira Tunas Jaya di Desa Rancamaya, Mekar Sari di Desa Sokawera dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Cikal Mas di Desa Pageraji.

Semua petani gula kelapa yang menjadi anggota koperasi, diharapkan  dapat mengakses semua  layanan koperasi, salah satunya adalah Askom. Hingga berita ini diturunkan, koperasi sudah menyalurkan Jaminan Sosial kepada 4 anggota yang mengalami musibah atau meninggal dunia.

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.