LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Social Entrepreneurship : Langkah Awal Memulai Sosial Bisnis Milenial

Social Entrepreneurship

Social Entrepreneur atau Wirausaha sosial saat ini memang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Pasalnya dengan adanya wirausaha sosial ada banyak masyarakat kelas bawah yang sangat terbantu dalam hal ekonomi utamanya. Dengan adanya misi sosial maka untuk bisa mengembangkan dan memajukan wirausaha sosial yang ada dibutuhkan hal Inspiratif untuk menebar manfaat wirausaha social.

Hal Inspiratif ini bisa Anda tanamkan dalam diri Anda dengan melakukan beberapa hal yang memiliki arti menciptakan wirausaha sekreatif dan seinovatif mungkin.Untuk bisa melakukan hal Inspiratif ini maka Anda juga harus paham dulu apa inti manfaat dari adanya wirausaha sosial ini. Dengan begitu Anda bisa secara maksimal melakukan penebaran manfaat kewirausahaan sosial tersebut.

Beberapa Hal Inspiratif Yang Bisa Anda Lakukan

Melakukan hal Inspiratif untuk menebar manfaat kewirausahaan sosial mungkin bisa menjadi salah satu jalan terbaik untuk mewujudkan kesuksesan tujuan wirausaha sosial tersebut. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna mewujudkan manfaat dari wirausaha sosial itu sendiri. Berikut di bawah ini bisa Anda simak beberapa hal tersebut :

  1. Menciptakan bentuk wirausaha yang dapat mengatasi adanya masalah sosial sekitar

Dalam hal ini, Anda bisa menciptakan sebuah wirausaha yang di dalamnya Anda bisa memberdayakan kemampuan orang-orang yang terpinggirkan. Selain itu Anda juga bisa membuat jenis wirausaha yang juga memanfaatkan benda-benda terbuang yang mana masih bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan begitu akan tampak manfaat dari wirausaha sosial itu sendiri.

  1. Mengambil peluang usaha dari sisi negatif keadaan sosial yang ada

Di Indonesia sudah bukan menjadi hal yang rahasia lagi mendengar banyaknya masalah sosial di dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya masalah sosial tersebut maka Anda bisa mulai melakukan perubahan dengan mengambil peluang negatif yang ada menjadi sebuah hasil yang positif. Hal tersebut akan membuat masalah sosial yang ada tidak lantas menumpuk. Sebaliknya masalah sosial akan sedikit demi sedikit terselesaikan dengan cara yang lebih inovatif dalam bentuk wirausaha sosial.

  1. Memanfaatkan sumber daya yang tengah berkembang

Indonesia terkenal dengan beragam potensi sumber daya alamnya. Namun sayangnya banyak dari masyarakat sekitar yang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga masih saja ada masalah ekonomi sosial dalam masyarakat. Karena itulah perlu Anda lakukan pemanfaatan potensi sumberdaya alam di lingkungan Anda menjadi sebuah bentuk bisnis atau wirausaha. Untuk melakukannya Anda juga bisa sekaligus mengajak peran masyarakat sekitar. Sehingga yang bisa menikmati hasilnya tidak hanya Anda akan tetapi masyarakat sosial yang ada di lingkungan tersebut.

3 hal Inspiratif yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi langkah awal Anda untuk mulai membangun lingkungan sosial yang kaya manfaat melalui kegiatan berwirausaha sesuai dengan kondisi yang ada. Dengan berdasarkan pada hal inspiratif tersebut maka diharapkan Anda bisa secara optimal memberikan solusi masalah social melalui kewirausahaan.

Don’t Forget : Follow Social Media LPPSLH

IG : @lppslh      Twiteer : @lppslh     Facebook : lppslh

And subscribe Channel Youtube LPPSLH : Yayasan LPPSLH

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya