LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Tantangan Besar Yang Harus Dihadapi Dalam Mewujudkan Pertanian Organik

TANTANGAN BARU LSM LPPSLH DALAM PEMBERDAYAAN GULA KELAPA

Tantangan Besar Yang Harus Dihadapi Dalam Mewujudkan Pertanian Organik – Untuk mewujudkan pertanian organik memang tak semudah membalikan telapak tangan. Ada beragam perjuangan yang harus dilakukan. Mulai dari memberikan pengetahuan yang membuat petani lebih melek akan pertanian organik, hingga memberikan fasilitas sharing antar sesama petani dan juga ahli pertanian organik dalam pendampingan.

Nah, oleh karena itu, LPPSLH bergiat bersama melakukan pembinaan dan juga pendampingan teknis pertanian organik, khususnya dalam pertanian gula kelapa organik. Jadi di lapangan selama kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Teknis Sentra Industri Gula ada beberapa tantangan yang dihadapi, antara lain sebagai berikut :

1.Pemahaman tentang budaya pertanian organik dan produk pangan organik belum menjadi hal yang dianggap penting sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam upaya pemasaran produksi gula cetak dan gula semut.

 

2. Minimnya peralatan dan prasarana yang standar menjadi penghambat peningkatan produksi dan kualitas produk gula kelapa di kabupaten Cilacap.

 

3. Belum ada kelembagaan kelompok perajin gula yang kuat dan mandiri, sehingga para perajin belum mampu mengoptimalkan marjin dari hasil gula kelapa yang diproduksi untuk pemenuhan kebutuhan pendukung lainnya. Misalnya kebutuhan asuransi perlindungan bagi penderes.

 

4. Sistem ijon yang  sudah berjalan secara turun temurun yang paling diuntungkan adalah tengkulak. Ketika IKM mulai melepaskan diri dari ijon dengan menjual barang ke pembeli lain, tengkulak merasa terancam dan berusaha mempertahankan bisnisnya.

 

5. Belum memiliki manajemen dan administrasi yang baik, sehingga pencatatan aktivitas kegiatan tata niaga gula tidak tertata baik.

 

 

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya