Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Tidak jarang seorang entrepreneur muda begitu bersemangat memulai sebuah bisnis, sehingga mengambil semua peluang usaha yang ada. Padahal tidak semua peluang tersebut dapat dilaksanakan dengan mudah dan menghasilkan keuntungan.

Fokus

Melakukan semua usaha dalam waktu bersamaan membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang panjang. Jika Anda ‘nekat’ mengerjakan beberapa usaha dalam waktu bersamaan, resiko untuk gagal cukup besar. Sebab Anda tidak akan memiliki cukup tenaga untuk mengelola berbagai bisnis. Apalagi jika bisnis yang didirikan baru saja dirintis. Tentunya membutuhkan perhatian lebih untuk masing-masing usaha.

Sebaiknya pilih satu bidang usaha saja, yang benar-benar diminati dan dikuasai. Dengan demikian, konsentrasi Anda hanya tertuju pada satu jenis usaha tersebut. Tentunya kerja Anda akan lebih maksimal, sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang menarik.

Kerjakan apa yang dipahami

Jangan memulai bisnis hanya karena alasan usaha tersebut sedang tren dan menawarkan keuntungan yang besar. Sebab jika Anda tidak memahami apa yang dikerjakan, hasilnya akan percuma. Lebih baik melakukan sesuatu yang benar-benar dikuasai dan disukai.

Bisnis yang dibangun dengan pengetahuan dan bakat yang dimiliki berpotensi untuk sukses. Sebab usaha yang tumbuh bersama dengan hati Anda akan berkembang dengan lebih baik. Ini adalah kunci menciptakan bisnis yang menguntungkan dan tetap produktif dalam waktu lama.

Kuasai konsep bisnis dengan sempurna

Anda adalah motor penggerak dari bisnis yang dirintis. Jadi perlu menguasai konsep bisnis dengan baik, agar pengembangan usaha tidak keluar dari tujuan awal mendirikan bisnis. Prinsip bisnis ini penting terutama saat menarik investor dan menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Kenali kekurangan dan kelebihan diri

Anda harus mengenali diri sendiri dan jangan merasa paling tahu tentang bisnis Anda. Harus ada pembimbing yang dapat memberikan saran dan pengetahuan yang belum dikuasai dalam menjalankan bisnis.

Perbanyak Teman

Berteman dengan entrepreneur sukses dapat menjadi pendorong Anda untuk meraih sukses. Belajar dari pengalamannya dan mendengarkan nasihatnya membantu bisnis Anda menjadi sukses.

Belajar dari kegagalan

Sehebat apa pun rencana bisnis Anda, tidak sepenuhnya berjalan lancar. Saat kegagalan datang jangan mudah putus asa dan mudah berganti bisnis. Tetapi jangan pula menunggu terlalu lama untuk mencoba peluang bisnis baru. Yang paling penting adalah belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama

Pondok pesantren (ponpes) diyakini memiliki potensi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui program Santripreneur, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong ponpes mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).Selama ini ponpes turut berperan mendorong pertumbuhan ekonomi, mengingat sudah banyak yang mendirikan koperasi, mengembangkan berbagai unit usaha baik skala kecil maupun menengah, bahkan ada yang memiliki inkubator bisnis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *