LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Pelaksanaan Rencana Strategis Sapta Darma Bersama Program Peduli

keaktifan peserta yang hadir dalam renstra

Pelaksanaan Rencana Strategis Sapta Darma Bersama Program Peduli – Selasa dan Rabu, 30 hingga 31 Mei 2017, melalui Program Peduli, LPPSLH mendampingi komunitas Sapta Darma di Brebes untuk melaksanakan Rencana Strategis atau Renstra selama program berlangsung. Acara ini dilaksanakan di Gedung PGRI kabupaten Brebes. Adapun perencanaan strategis dihadiri oleh 30 orang, masing-masing 20 laki-laki dan 10 perempuan. Renstra dilaksanakan dengan tujuan merumuskan visi dan misi Penghayat Kerohanian Sapta Darma dalam 5 tahun kedepan dan berbagai upaya untuk mewujudkannya dengan mempertimbangkan berbagai kendala dan kondisi internal dan eksternal. Rencana strategis merupakan strategi yang direncanakan atau didesain sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada. Renstra aliran kerohanian Sapta Darma merupakan titik awal dari sistemasi kerangka acuan kerja yang berdasarkan kepada visi misi dari agama Sapta Darma. Adapun Renstra terdiri dari kebijakan strategis ditingkat komunitas sehingga dapat ditindaklanjuti secara teknis.

 

Pelaksanaan Rencana Strategis Sapta Darma Bersama Program Peduli

Focus Group Discussion dipandu oleh Tri Hadiyanto dan dihadiri oleh para penganut aliran kerohanian Sapta Darma

Pelaksanaan Rencana Strategis Sapta Darma Bersama Program Peduli. Kebijakan yang dirumuskan dalam Renstra ini didasarkan pada faktor kekuatan dan kelemahan faktor internal serta peluang dan ancaman faktor eksternal. Disamping itu ditinjau dari hal-hal teknis tentang fenomena proses perjalanan pengalaman yang dihadapi oleh penghayat Sapta Darma di dalam akses layanan publik dan peningkatan kesejahteraan komunitas guna meningkatkan posisi tawar di masyarakat.

Pelaksanaan Rencana Strategis Sapta Darma Bersama Program Peduli

Renstra dihadiri juga oleh kaum perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan juga harus terlibat dan berperan aktif dalam kegiatan publik.

Perencanaan merupakan salah satu komponen manajemen yang lahir bersamaan dengan lahirnya organinisasi itu sendiri. Perencanaan juga merupakan suatu konsepsi yang diharapkan dapat menginisiasi dan sekaligus mengawal berjalannya  proses pengelolaan suatu organisasi menuju tercapainya cita-cita yang telah dirumuskan. Dalam hal ini pengelolaan merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menangani  kegiatan-kegiatan  yang membutuhkan sistem yang terstruktur, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dari ketiga kegiatan pokok proses pengelolaan organisasi, perencanaan menduduki fungsi pertama. Hal ini dikarenakan tidak semua kegiatan dapat dibangkitkan melalui intuisi belaka.

Ajaran Sapta Darma sendiri turun pada tahun 1950 di kediri, jawa timur. Sapta darma dikategorikan dalam kepercayaan lelulur di indonesia. Perkembangan kepercayaan Sapta Darma cukup pesat ke seluruh wilayah indonesia. Sapta darma sebagai aliran kerohanian juga memiliki organisasi berbentuk yayasan yang pusatnya yaitu di Yogyakarta. Penganut Sapta Darma sangat ringan tangan dalam membatu sesama tak pandang bulu. Hal ini sesuai dengan ajaran Sapta Darma di wewarah tujuh Sapta Darma.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya