,

Pentingnya Pelatihan Advokasi Kebijakan Publik Bagi Komunitas Termarginalkan

Pentingnya Pelatihan Advokasi Kebijakan Publik Bagi Komunitas Termarginalkan – Dalam sebuah jurnal ilmiah dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Advokasi pada hakekatnya suatu pembelaan terhadap hak dan kepentingan publik, bukan kepentingan pribadi, sebab yang diperjuangkan dalam advokasi tersebut adalah hak dan kepentingan masyarakat. Advokasi merupakan tindakan mempengaruhi atau mendukung sesuatu atau seseorang yang berkaitan dengan kebijakan publik seperti regulasi dan kebijakan pemerintah. Untuk mencapai yang diinginkan maka berbagai bentuk kegiatan advokasi. Ini dilakukan sebagi upaya memperkuat posisi tawar seperti penyadaran pemangku kebijakan akan terjadinnya diskriminasi hak-hak sipil. Serta pemberian bantuan hukum atau melakukan lobby terhadap pemangku kebijakan.

Pentingnya Pelatihan Advokasi Kebijakan Publik Bagi Komunitas Termarginalkan

Suasana Pelatihan Advokasi Kebijakan Publik Bagi Komunitas Sapta Dharma Di Brebes

Advokasi kebijakan publik termasuk pula menyuarakan kepentingan dan mencari dukungan terhadap posisi tertentu berkenaan dengan kebijakan publik tertentu. Posisi ini dapat berupa persetujuan, penghapusan, penolakan ataupun perubahan kebijakan yang ada. Advokasi juga merupakan langkah untuk merekomendasikan gagasan kepada orang lain atau menyampaikan suatu issu penting. Agar dapat diperhatikan masyarakat serta mengarahkan perhatian para pembuat kebijakan untuk mencari penyelesaiannya. Dan membangun dukungan terhadap permasalahan yang diperkenalkan dan mengusulkan bagaimana cara penyelesaian masalah tersebut.

Berdasarkan tersebut dapat disimpulkan bahwa advokasi Program Peduli lebih merupakan suatu usaha sistematik dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendesakkan perubahan, dengan memberikan sokongan dan pembelaan terhadap kaum lemah (miskin, terbelakang, dan tertindas) atau terhadap mereka yang menjadi korban sebuah kebijakan dan ketidak adilan.

Dalam konteks kehidupan sosial keagamaan dan kemanusiaan, advokasi berperan sebagai penerjemahan secara praksis. Mulai dari nilai nilai keagamaan yang berdimensi sosial, sekaligus sebagai gerakan pembebasan dan kemanusiaan. Tujuannya adalah terjadinya transformasi struktur dari struktur yang menindas dan tidak berpihak kepada kaum lemah kepada struktur. Secara sosial, politik, dan ekonomi, lebih manusiawi, etis, egalitarian, dan berkeadilan, bukan untuk mengantarkan kelas mustadha’afin menegakkan kediktatoran baru.

PENTINGNYA PELATIHAN ADVOKASI KEBIJAKAN PUBLIK BAGI KOMUNITAS TERMARGINALKAN

Suasana diskusi pembagian tim dalam proses advokasi kebijakan publik yang akan dilaksanakan oleh komunitas Sapta Dharma

Pentingnya Pelatihan Advokasi Kebijakan Publik Bagi Komunitas Termarginalkan dalam Program Peduli. Adapun landasan kegiatan Pelatihan Advokasi Kebijakan Publik ini adalah berdasarkan Workplan kegiatan program peduli. Dengan tujuan utama untuk pelatihan perencanaan advokasi kebijakan dilaksanakan dengan tujuan menyusun perihal yang akan dilakukan guna mengawal kebijakan pelayanan publik. Ini yang akan dilakukan dan dirumuskan oleh pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten. Capain yang ingin didapat antara lain adalah peserta memiliki pemahaman yang sama tentang advokasi kebijakan. Peserta memiliki pemahaman yang sama tentang pengarusutamaan gender, peserta dapat menyusun perencanaan advokasi kebijakan, peserta mampu melakukan proses advokasi kebijakan di desa masing-masing. Dengan Indikator Capaiannya adalah peserta memahami pentingnya advokasi kebijakan, peserta memahami pentingya keterlibatan perempuan, serta tersusunnya rencana advokasi kebijakan.

Acara yang menjadi bagian kerja Program Peduli ini diikuti 30 orang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 10 orang perempuan warga penganut agama lokal atau leluhur dan penghayat kepercayaan Sapta Dharma di Brebes, tepatnya di Sanggar Sapta Darma Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes pada tanggal 20 hingga 21 Juni 2017.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *