Terus Belajar Tiada henti, Tulus Bekerja untuk Mereka yang Membutuhkan, Maka Tangga Kesuksessan Sedang Kau Naiki

By Staff LPPSLH

Selama kegiatan 2 bulan pertama kerja di LPPSLH, terdapat 3 hal yang dapat saya simpulkan yaitu proses dan dinamika Sertifikasi Organik Gula Kelapa yang kompleks, Iklim kerja didalam proses sertifikasi yang saat ini berjalan di LPPSLH masih dalam tahap mengembangkan profesionalime, dan pengembangan kapasitas maupun kemampuan baik Manajer ICS (Internal Control System) dan Staff Tim ICS yang perlu ditingkatkan. Melihat tantangan di atas, maka peluang untuk menjadi ahli konsultan sertifikasi organic cukup menarik untuk ditindaklanjuti.

Proses dan Dinamika Sertifikasi Organik Gula Kelapa

Proses dan dinamika sertifikasi organik terdapat diinternal TIM ICS maupun dieksternal yang berasal dari masyarakat dampingan maupun standart organik yangg diterapkan oleh CU (Control Union/Certifier). TIM ICS harus mampu meningkatkan Kemampuannya untuk cepat belajar dan memahami detail pekerjaan. Sedangkan dinamika dalam komunitas penderes juga terdapat beberapa tantangan yang dihadapi seperti merubah budaya/kebiasaan masyarakat menuju bertani organik. Selain itu tantangan juga datang dari Certifier (Control Union) yang terus mengupdate standar organik yang menuntut kita untuk terus beradaptasi.

Iklim Kerja Didalam Proses Sertifikasi Dalam Tahap Mengembangkan Profesionalime

Profesionalisme menjadi salah satu upaya strategis untuk LPPSLH dalam membentuk unit Organic Certification Spesialist yang mampu memberikan kepercayaan dan kepedulian kepada para masyarakat atau komunitas yang didampingi. Manajer dan TIM ICS yang saat ini terbentuk masih dalam proses belajar berkelanjutan mendampingi masyarakat untuk saling bekerjasama. ICS lebih mengutamakan kemandirian masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan dan peningkatan ekonomi. Membangun kesadaran dan kebutuhan didalam diri masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan melalui usaha keras mereka sendiri adalah cara yang lebih arif.

Pengembangan Kapasitas Manajer dan Staff Tim ICS Perlu Ditingkatkan

Proses dan dinamika sertifikasi organic yang menuntut berbagai multi-disiplin ilmu, mulai dari pertanian organik, pemberdayaan, HACCP, manajemen warehouse, hingga sertifikasi organik level internasional. Semua hal tersebut membuat sadar bahwa semakin banyak yang harus dipelajari untuk meningkatkan Kapasitas Tim ICS. Terus belajar dan perbanyak jam terbang menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas.          

Sebagai Penutup, Bekerja di NGO yang memiliki program pemberdayaan masyarakat desa mampu memberikan peluang yang cukup besar untuk meningkatkan kemampuan diri menjadi ahli atau penggerak di Masyarakat. LPPSLH telah cukup berpengalaman dalam melakukan Pemberdayaan Ekonomi pada Komunitas Penderes/petani gula kelapa di Desa, oleh sebab Itu, LPPSLH sangat tepat menjadi tempat kerja untuk belajar dan mengasah kemampuan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat yang lebih Profesional.

LPPSLH juga telah mengembangkan Unit Bisnis berbasis Kemandirian Ekonomi Masyarakat bernama http://www.ecoconut.co.id/untuk mendukung dalam melakukan pemberdayaan Petani Gula Kelapa dan OCS (Organic Certification Specialist) menjadi langkah menuju Profesionalitas Konsultan Sertifikasi Pertanian Organik.

Sedangkan, Bagi masyarakat yang membutuhkan pemdamping untuk mengembangkan desa maupun komunitas ekonomi di desa dapat memanfaatkan http://www.pemberdayaanonline.com/ untuk bergabung dan bekerjasama meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Masyarakat Desa.

Jangan Lupa Cek IG LPPSLH : https://www.instagram.com/lppslh/

Facebook LPPSLH : https://id-id.facebook.com/lppslh/

Categories: Opini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.