LPPSLH - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup

Mahasiswa Dan Pelajar Rawan HIV/Aids

Pentingnya Penanggulangan HIV/Aids dan Pencegahannya Bagi Masyarakat

Minggu (18/03) Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup (LPPSLH) distrik Kabupaten Brebes bekerjasama dengan RSUD Bumiayu pada hari Minggu, 18 Maret 2018 telah melakukan kegiatan Edutainment dan sosialisasi HIV kepada masyarakat di Djong Cafe Bumiayu dengan tema “Membangun Komitmen Bersama Dalam Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Brebes”. Berangkat dari jumlah penderita baru HIV/AIDS dari tahun ke tahun mengalami peningkatan maka teman-teman relawan LPPSLH bergerak untuk melakukan kegiatan tersebut. Kalau merujuk ke data Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes di tahun 2017 terdapat penderita HIV / AIDS baru sebanyak 149 orang.

Koordinator Sub Sub Recipien (SSR) LPPSLH Rachman Arif Gunawan, S.H. menyampaikan bahwa selama ini kami melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dari hasil pendataan  diketahui jumlah penderita terbesar dari kaum Lelaki Suka Lelaki (LSL) atau gay. LSL ini memang paling rawan dan kini kecenderungannya sudah mulai menjalar dikalangan mahasiswa dan pelajar.

“Dan fokus penjangkauan kami adalah dikalangan mahasiswa” tambah Gunawan disela kegiatan yang dilaksanakan di Djong Cafe depan kampus Universitas Peradaban Bumiayu.

Slamet Wahyudi,S.H. yang akrab di sapa Yoga Koordinator Lapangan LPPSLH Distrik Brebes menyampaikan bahwa program penanggulangaan HIV terus akan kami lakukan dengan maksimal. Apalagi kami mendapatkan dukungan sangat baik dari KPAD, DKK, RSUD, dan Puskesmas serta stake holder di wilayah Brebes.

Penjangkauan kami selama ini adalah kita mencoba untuk komunikasi dengan komunitas-komunitas LSL atau Gay yang keberadaannya di Kabupaten Brebes, dan mereka sangat welcome, kami menjadi teman bagi mereka, kami sama-saama berjuang dalam melakukan program penanggulangan HIV di Kabupaten Brebes. Kami juga berterima kasih kepada petugas layanan RSUD Bumiayu yang berkenan dan siap selalu dalam melakukan kegiatan VCT Mobile, khususnya hari ini kita bisa menjangkau sekitar 30 orang untuk test VCT HIV. Ujar Yoga.

Menurut Ibu Pety petugas layanan HIV/AIDS RSUD Bumiayu, menyampaikan bahwa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras dari team LPPSLH. Kami senang bisa bekerjasama, apapun hasil dari test VCT HIV (baik reaktif atau non reaktif) kami akan selalu melakukan kegiatan VCT secara terus menberus dan berkala. Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin datang langsung ke RSUD Bumiayu untuk VCT juga kami dengan senang hati untuk menerimannya. Apalagi ini juga program pemerintah, maka itu sudah menjadi kewajiban kami.

Kepada teman-teman (masyarakat, mahasiswa dan pelajar) hindari untuk melakukan seks beresiko, karena penularan HIV/AIDS adalah dengan seks bebas. Tambah mbak Pety.

 

Ditulis oleh:

Irawan (PL Distrik Brebes)

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Informasi Lainnya